Merawat dan Menghargai Bumi dengan Sederhana

"Memaknai Hari Lingkungan Hidup Sedunia"


Saat ini kita tidak bisa menghindarkan penggunaan barang-barang atau hal-hal yang bisa membuat bumi 'terluka', tapi kita bisa meminimalsirnya. Mencintai bumi tidak terlalu 'repot' hanya soal kebiasaan. Kita bisa mulai dari yang kecil, dari diri sendiri dan mulai saat ini dan setersunya...

Caranya.....

1. Jangan menebang pepohonan sembarangan. (supaya tidak terjadi banjir, longsor, cuaca tidak terlalu panas)
 2. Usahakan tidak mengubur sampah an-organik pada tanah (kalau bisa didaur ulang)
 3. Usahakan di setiap rumah ditanami pepohonan atau sejenisnyalah.
 4. Jangan membuang limbah / sampah di selokan atau sungai dan di sembarang tempat lainnya.
 5. Usahakan menggunakan sepeda untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. (mengurangi polusi). Dll...

Mungkin terkesan sepele, tapi bisa dibayangkan...berapa banyak 'polusi lingkungan' yang hanya akan menyakiti bumi dan isinya, yang kita bisa lakukan berikan untuk bumi yang sudah 'lelah'. Karena kita semua di dunia adalah yang mengatur hubungan selaras antara manusia dengan Tuhan kita, manusia dengan manusia lain dan manusia dengan alam . Hal ini dapat menjadi dasar untuk kelanjutan dunia yang kita singgahi. Salah satu implementasi praktis dari hal tersebut adalah menjaga dan menghargai bumi. caranya pasti semua orang taulah, salah satu contohnya seperti diatas tadi.

Selama ini mungkin kita menganggap hal-hal yang sebenarnya sangat penting bagi bumi dan isinya kita anggap menjadi hal yang sangat sepele, dan tanpa disadari atau tidak dampak dari 'kesepelean' itu sudah kita rasakan bersama dan mungkin akan berkelanjutan. mungkin bisa diperkirakan penurunan ozon (lapisan atmosfer yang menycegah sinar matahari langsung ke bumi) sudah semakin menipis, mungkin karena kita masih kurang menjaga dan menghargai bumi, contoh polusi kendaraan bermotor semakin liar, terjadi penebangan pohon dimana-mana, penggunaan 'rumah kaca', dll.

Disini kolaborasi harmonis antara manusia dan alam sangat harus dilakukan untuk bumi yang lebih baik, dengan maksud:

1. Agar lingkungan bumi yang kita singgahi tidak memiliki banyak problematika.
 2. Agar Bangsa-bangsa di seluruh dunia bisa belajar untuk mengurangi efek rumah kaca serta mengubah pola konsumsi dan produksi menjadi lebih ramah lingkungan di seluruh dunia.
 3. Agar umat manusia dapat belajar dari 'problematika-problematika lingkungan' yang sudah terjadi. Dll.

Setiap orang diseluruh dunia dapat berpartisipasi. mungkin ini sedikit bisa jadi sosialisasi di seluruh dunia untuk bumi kita.

Mari kita berusaha merawat dan menghargai bumi mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang......!!!
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment